NILAI-NILAI PANCASILA

A. Pengertian Nilai
     Berdasarkan pengertian secara etimologis, nilai dapat diartikan "harga". Namun secara istilah nilai dapat diartikan sebagai sesuatu yang berharga yang dapat diambil dari suatu objek. Berdasarkan pengertian nilai tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa nilai pancasila ada segala sesuatu yang berharga yang terkandung pada setiap sila pancasila yang dapat kita jadikan sebagai pegangan hidup dan panduan untuk bersikap dan berperilaku.

B. Nilai-nilai Pancasila
    1. Nilai Ketuhanan
        Mengandung makna bahwa Bangsa Indonesia mengakui keberadaan tuhan yang maha esa dan             berjanji untuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan tuhan.
    2. Nilai Kemanusiaan
        Mengandung makna bahwa Bangsa Indonesia menjunjung tinggi hak asasi individu / hak asasi           manusi, mengakui persamaan derajad bahwa setiap manusia indonesia memiliki hak dan derajad         yang sama meskipun memiliki perbedaan secara kodrati.
    3. Nilai Persatuan
        Mengandung makna bahwa Bangsa Indonesia memiliki komitmen untuk menghindari paham               perseorangan/kelompok. bangsa indonesia menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan demi                 keutuhan NKRI
    4. Nilai Kerakyatan
        Bahwa Bangsa Indonesia memakai sistem demokrasi dengan asas musyawarh mufakat dan                 dijiwai oleh nilai kekeluargaan. Nilai inilah yang menjadi dasar demokrasi perwakilan di                     Indonesai
    5. Nilai Keadailan
        Mengandung makna bahwa Bangsa Indonesia menjunjung tinggi keadilan bagi seluruh rakyat             tanpa terkecuali. Nilai ini juga merupakan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

Bandar Lampung, Agustus 2016

Comments

Popular posts from this blog